Perawatan Burung Kenari


Burung kenari adalah burung kecil yang lucu dan mempunyai berbagai warna warna yang indah. Kenari pada dasarnya terdiri atas 3 jenis yaitu KENARI WARNA dibiakkan untuk warna kenari, KENARI LAGU dibiakkan untuk
kicauan-kiacauannya dan KENARI JENIS dibiakkan untuk karakteristik yang berbeda bentuk.

PEMBERIAN PAKAN DAN PERAWATAN
Untuk pakan burung kenari kesayangan kita itu ada 2, yaitu biji kenari dan pelet diet. Dan itu harus yang segar ya biar kenarinya juga seger..
Biji Kenari
Biji canary segar adalah makanan sehari-hari mereka dan vitamin campuran biji dilapisi sudah tersedia di toko hewan peliharaan. Sebuah kenari tunggal akan makan sekitar satu sendok teh biji sehari dan kenari akan jarang makan berlebihan, meskipun mungkin mereka butuhkan untuk makan sedikit lebih saat cuaca dingin atau selama mabung mereka.
Pelet Diet
Pelet diet juga tersedia dan mengandung vitamin dan protein lebih dari benih, membuat suplemen tambahan yang tidak perlu.Namun burung tidak dibangkitkan pada diet pellet mungkin tidak mengenali itu sebagai makanan, sehingga tidak mungkin menerimanya.
Suplemen
pemberian suplemen buat kenari memang perlu, dan ini dalam kategori makanan tambahan, dan untuk pemberiannya harus bervariasi agar si burung tidak bosan. Pemberiannya juga tidak perlu setiap hari, terkadang 2 hari sekali teman. Biasanya untuk suplemen burung ini berupa sawi putih, selada air, apel, jeruk, anggur, pisang, melon dan telur puyu.
Air
Air sangat penting untuk si kenari. Dan untuk air ini, diusahakan setiap hari harus diganti agar kenari kita selalu sehat, dan terhindar dari penyakit.
 Pemeliharaan:
Meskipun burung kenari membutuhkan waktu yang sangat sedikit, lingkungan yang bersih serta makanan segar dan air setiap hari adalah suatu keharusan untuk mencegah penyakit dan penyakit.Perawatan kandang dasar meliputi pembersihan harian piring air dan makanan.Setiap dua sampai tiga hari mengubah kertas di bagian bawah kandang.Mingguan mencuci dan mengeringkan seluruh kandang, termasuk bertengger.
Potensi Masalah
Saat kenari kita mengalami ngorak ataupun mabung jangan pernah kita jemur hingga proses mabung tuntas. dan untuk pemberian makannya di tambahkan lagi, karena saat itu kenari kita mengalami kondisi yang drop.
Dan untuk kenari kita yang kakinya berjamur kita oleskan minyak tawon saja ke kakinya, dan 3harian sudah hilang deh jamurnya. amien
Perawatan Harian
06.00 : Buka kerodong kenari dan di angin-anginkan
06.15 : Bersihkan kandang dan ganti makanan dan minumannya.
06.45 : Kenari di jemur deh. min penjemuran 2 jam.
10.00 : kenari digantung di tempat yang dingin
17.00 : Kenari dikerudung lagi dan dimasukkan ke dalam rumah biar gak ilang.
Mudah kan perawatannya. Jadi untuk perawatan kenari jangan sampai rumit-rumit. Karna jika kita merumitkan perawata harian dengan diberi inilah itulah maka bisa membuat kenari kita malah tidak fit.


SEKIAN TERIMA KASIH DAN SEMOGA BERMANFAAT.
 

No comments:

Post a Comment